KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE SUGESTI IMAJINASI BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPTIF.
Skripsi - Fitri Handayani.pdf
Download (13MB)
| Item Type: | Thesis |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Penelitian ini berjudul “Keefektifan Penerapan Metode Sugesti Imajinasi Berbantuan Media Video untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Deskriptif (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Plus Anwarul Huda Tahun Ajaran 2023/2024)”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya kemampuan menulis siswa khususnya dalam menulis teks deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keefektifan penerapan metode sugesti imajinasi berbantuan media video dalam pembelajaran menulis teks deskriptif pada siswa kelas VII SMP Plus Anwarul Huda Tahun Ajaran 2023/2024. (2) mengetahui tanggapan atau respon guru dan siswa terhadap penggunaan metode sugesti imajinasi berbantuan media video pada pembelajaran menulis teks deskripsi pada kelas VII SMP Plus Anwarul Huda tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-experimental design (non designs) dengan desain penelitian one-group pretest posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Plus Anwarul Huda Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Plus Anwarul Huda yang terdiri atas 3 kelas berjumlah 92 orang dan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Plus Anwarul Huda yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melaksanakan tes, pengisian kuesioner dan wawancara. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan uji statistika yang terdiri atas uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, menunjukan bahwa tes awal dan tes akhir mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pretest dan posttest siswa dari 58,16 menjadi 76,28, nilai terendah pretest dan posttest dari 52 menjadi 71, nilai tertinggi pretest dan posttest dari 63 menjadi 82, serta nilai tengah pretest dan posttest dari 59 menjadi 76,5, serta hasil p sebesar < 0,001. Nilai p lebih kecil dari skor signifikansi 5% (0,001<0,05). Dengan demikian, menurut kriteria pengujian, H0 ditolak dan Ha diterima. Maka hasil uji-t paired sample test tersebut menunjukkan bahwa metode sugesti imajinasi berbantuan media video efektif dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Plus Anwarul Huda tahun ajaran 2023/2024. Dengan demikian, model pembelajaran sugesti imajinasi efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi. Kata Kunci : Metode Sugesti Imajinasi, Kemampuan Menulis, Teks Deskriptif |
| Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Bahasa dan Sastra > S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Tata Tata Tata |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 07:34 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 07:34 |
| URI: | https://repository.institutpendidikan.ac.id/id/eprint/2364 |
