ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA MAKALAH KARYA SISWA KELAS XI SMAN 1 CIAWI TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2019/2020

ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA MAKALAH KARYA SISWA KELAS XI SMAN 1 CIAWI TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2019/2020.

[thumbnail of ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA MAKALAH  KARYA SISWA KELAS XI SMAN 1 CIAWI TASIKMALAYA  TAHUN AJARAN 2019/2020] Text (ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA MAKALAH KARYA SISWA KELAS XI SMAN 1 CIAWI TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2019/2020)
SKRIPSI MAISYA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Item Type: Thesis
Uncontrolled Keywords: ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Makalah Karya Siswa Kelas XI SMAN 1 Ciawi Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020”. Adapun masalah yang melatarbelakangi penelitian ini mengenai penulisan makalah siswa yang masih terdapat kesalahan-kesalahan mengenai tata penulisannya, kesalahan tersebut mencakup kesalahan penggunaan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Hal ini penulis sadari ketika penulis melaksanakan PPL dan membaca makalah hasil karya siswa SMA dengan penulisan yang tidak sesuai dengan penggunaan pedoman umum ejaan bahasa Indonesia. Makalah merupakan karya ilmiah paling mendasar yang seharusnya dikuasai oleh siswa, karena beberapa tahun kedepan mereka akan dihadapkan pada situasi entah itu perkuliahan ataupun pekerjaan yang menuntut mereka untuk bisa membuat tulisan yang sesuai dengan penggunaan PUEBI. Penulis sebagai calon guru bahasa Indonesia melakukan penelitian ini agar guru-guru lain mengetahui kesalahan umum yang kebanyakan siswa tidak mengetahuinya ketika membuat tulisan karya ilmiah. Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) untuk mendeskripsikan ketepatan penggunaan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sepuluh makalah karya siswa kelas XI SMAN 1 Ciawi Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Adapun yang menjadi data dalam penelitian ini adalah penggunaan PUEBI penulisan yang memiliki kesalahan dalam penggunaannya. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer yang langsung diambil dari sumbernya yaitu dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu 91 ketidaktepatan dari sepuluh makalah karya siswa kelas XI SMAN 1 Ciawi Tasikmalaya. Ketidaktepatan tersebut di antaranya: (1) ketidaktepatan penggunaan Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan terdapat 91 buah dari sepuluh makalah. Simpulannya, ketidaktepatan penggunaan yang paling dominan terjadi pada penggunaan PUEBI yaitu penggunaan huruf miring, dengan jumlah 32 buah. Saran penelitian ini khususnya untuk guru bahasa Indonesia, hendaknya memperhatikan penggunaan PUEBI yang baik dan benar saat mengajar siswa dalam penulisan karya ilmiah karena penulisan karya ilmiah akan digunakan oleh siswa untuk jenjang berikutnya. Sebaiknya, lembaga pemerintahan terutama lembaga pendidikan dapat mengadakan pelatihan menulis karya tulis ilmiah untuk siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: adit adit
Date Deposited: 13 Jul 2024 03:18
Last Modified: 13 Jul 2024 03:18
URI: https://repository.institutpendidikan.ac.id/id/eprint/1118

Actions (login required)

View Item
View Item